Indonesia Bangga Punya Tempe!

image

Jangan hanya bangga punya Smash, Indonesia Harus Bangga Punya Tempe! – Quote Saya

Hahahahahaa…. :)) #DuniaBanggaPunyaSmash, kalau tidak salah begitu hashtag yang sempat menjadi trending topic di twitter. GAK PAPA… Tapi, kita juga harus bangga punya Tempe.

Saat saya diundang jadi pembicara di sebuah acara sharing-business oleh Bunda Lita Mucharom (@litamucharom), seorang pakar SDM yang keren itu, saya nggak nyangka bahwa ternyata membawa pengaruh pada bisnis saya dan teman-teman, Rumah Sushi.

Di acara itu, saya beruntung berkesempatan ngobrol panjang lebar dengan Bapak Rinaldi Malimin (@RinaldiMalimin), seorang pengusaha yang sangat concern dengan TEMPE.

TEMPE? Itu kan makanan kelas dua.

Hah? Yakin?!

***

Tempe di sini memang harganya relatif murah. Dengan gampang ditemukan dimana-mana. Mulai dari pasar tradisional, supermarket besar sampai abang-abang gorengan menjual Tempe. Tempe itu merakyat! Hampir semua bisa makan tempe.

Tapi, apakah karena murah, maka tempe itu murahan? Eits! Nanti dulu. Kalau data dari wikipedia ini benar, maka tempe adalah karya asli bangsa Indonesia yang sangat luar biasa:

1. Indonesia adalah Produsen Tempe terbesar di dunia dan Pengkonsumsi Tempe kedelai terbesar di Asia. 50%-nya dikonsumsi berupa Tempe.

2. Berbeda dengan makanan tradisional berbahan kedelai yang lain, Tempe bukan berasal dari Cina atau Jepang. Tempe adalah karya asli Bangsa Indonesia.

3. Literatur Serat Centhini yang ditulis pada abad ke-19 menyatakan bahwa Tempe telah dikonsumsi sejak berabad-abad lalu, sekitar abad ke-16.

4. Diperkirakan Tempe dikembangkan sebelum abad ke-16, tepatnya di wilayah Mataram, Jawa Tengah.

5. Kata ‘Tempe’ diperkirakan berasal dari bahasa Jawa Kuno ‘Tumpi’, sejenis makanan berwarna putih berbahan dasar tepung sagu.

6. Sudah terdapat rujukan mengenai Tempe dalam Kamus Bahasa Jawa-Belanda yang terbit pada tahun 1875.

7. Era Tanam Paksa adalah masa dimana tempe mulai diproduksi yaitu saat penduduk Indonesia memanfaatkan pekarangan mereka sebagai sumber pangan.

8.Pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia, para tawanan perang yang diberi makan Tempe terhindar dari disentri dan busung lapar.

9. Sejumlah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1940-an sampai dengan 1960-an juga menyimpulkan bahwa banyak tahanan Perang Dunia II berhasil selamat karena Tempe.

10. Menurut Onghokham, Tempe yang kaya protein telah menyelamatkan kesehatan penduduk Indonesia yang padat dan berpenghasilan relatif rendah.

***

image

Tempe ada dalam sejarah bangsa kita. Saat para pejuang memperjuangkan kemerdekaan kita. Rakyat Indonesia bertahan hidup salah satunya dengan mengkonsumsi Tempe yang kaya protein. Tempe tumbuh sebagai jejak-jejak yang nyaris hilang catatan sejarah bangsa kita. Dan sering distigma sebagai makanan kelas rendah, padahal Tempe memiliki manfaat yang luar biasa, misalnya:

1. Tempe berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain).

2. Tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain.

3. Dengan pemberian tempe, pertumbuhan berat badan penderita gizi buruk akan meningkat dan diare menjadi sembuh dalam waktu singkat.

4. Vitamin B12 umumnya terdapat pada produk-produk hewani dan tidak dijumpai pada makanan nabati (sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian), namun tempe mengandung vitamin B12 sehingga tempe menjadi satu-satunya sumber vitamin B12 yang potensial dari bahan pangan nabati.

5. Di dalam tempe ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isoflavon. Seperti halnya vitamin C, E, dan karotenoid, isoflavon juga merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.

6. Penelitian yang dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat, menemukan bahwa genestein dan fitoestrogen yang terdapat pada tempe ternyata dapat mencegah kanker prostat dan payudara.

Ok, daripada saya menyalin isi internet ke dalam sini, anda bisa browsing sendiri apa manfaat tempe untuk tubuh kita. Saya hanya ingin menyimpulkan bahwa:

Stigma Tempe makanan kelas dua, jadi terlalu remeh jika dibandingkan dengan manfaatnya. Terlebih mengetahui bahwa Tempe muncul sebagai bagian dari sejarah Bangsa kita ini. Indonesia adalah Tanah Air dari Tempe dan Indonesia adalah Tanah Air kita. Tempe adalah satu bagian kecil dari bangsa kita yang sangat perlu kita lestarikan.

***

image

Saya Cinta Bangsa Ini. Dan Tempe adalah salah satu karya asli bangsa Indonesia yang kemudian menjadi tanggung jawab kita untuk melestarikannya. Mungkin, saya dan rekan-rekan saya di Rumah Sushi tidak bisa berbuat banyak. Tapi, kami ingin berbuat.

Maka, ajakan untuk berkreasi dengan produk Tempe kami terima dengan senang hati. Kami menikahkan Tempe dengan Sushi sehingga lahirlah 3 menu berbahan dasar tempe dalam bentuk Sushi, yaitu: Tempe Ramental, Tempe Ratur dan Tempe Riyaki. Ketiganya menjadi sushi khas Rumah Sushi menyusul menu-menu lainnya.

Tempe itu kelas 2? Eits, dengan Sushi saja Tempe bisa cocok!

Tempe Ramental adalah Sushi berbahan dasar tempe yang dikombinasikan dengan Sambal Terasi, Timun, Daun Mint dan Bawang Putih Goreng. Tempe Ratur adalah Kani Sushi yang diberi Saus campuran Tempe, Kani, Mayonaise dan potongan timun segar. Sementara, Tempe Riyaki adalah Tempe yang diolah dengan cara Teriyaki.

Namanya Unik, Ya? Iya, seunik Tempe yang karya asli bangsa Indonesia, Seunik kita semua yang seharusnya bangga memiliki Tempe dalam khasanah budaya kita.

Tempe  itu Sederhana, Sesederhana kita yang ternyata luar biasa sebagai sebuah bangsa. Kita harus bangga pada bangsa kita sendiri. Kita harus bangga punya Tempe.

Semoga kreasi kami dapat diterima karena ada visi besar di dalamnya.

Kelapa Gading, 1/12/2012
Wisnu Sumarwan
http://www.wisnusumarwan.wordpress.com
Twitter & Streamzoo: @wisnusumarwan

*hak cipta foto milik Rumah Sushi Indonesia. Berurut dari foto paling atas: Tempe Ramental Roll, Tempe Ratur Roll dan Tempe Riyaki Roll.

*Info selanjutnya tentang Rumah Sushi, bisa klik link ini: Rumah Sushi, follow @RumahSushi di twitter atau hubungi: 021 – 988 22 900.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 9 other followers

  • Today’s Quote

    When you dance, your purpose is not to get to a certain place on the floor. It’s to enjoy each step along the way (Wayne Dyer)

  • Categories

  • Soundless Voices by Wisnu Sumarwan

    Inilah blog saya yang sederhana. Lewat blog ini saya hanya mencoba untuk menyampaikan apa yang saya pikirkan. Tentu saja saya hanya manusia biasa yang memungkinkan banyak terjadi kesalahan. Saya mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Welcome to the journey of soundless voices. Thank you...