I’m a Scorpio

image

Catatan: Berikut ini hanya curhatan…

Saya sedang bete luar biasa. Entah apa sebabnya. Yang jelas, ini sangat menganggu saya dan pastinya orang-orang yang ada di sekitar saya. Saya adalah pribadi yang sangat buruk ketika saya sedang dilanda bete alias bad-mood. Hampir tidak ada satu pun yang bisa dilakukan oleh siapapun untuk menghibur saya sampai saya sendiri yang memutuskan untuk menghentikan bad-mood yang sedang saya alami.

Entahlah, ada hubungannya atau tidak. Yang jelas, sering sekali masalah bad-mood saya ini dikaitkan dengan masalah astrologi alias ramalan bintang. Saya Scorpio. Scorpio sering digambarkan sebagai orang yang penuh determinasi. Termasuk masalah bad-mood ini. Scorpio tetap terdeterminasi. Scorpio tidak pernah membiarkan dirinya (termasuk perasaannya) ada di tangan orang lain, begitu kata ramalan. Jadi, menghibur seorang Scorpio dengan kata-kata indah nyaris tidak ada gunanya. Scorpio hanya meletakkan nasibnya di tangannya sendiri (selain di tangan Tuhan, tentu saja).

Di luar pengaruh perbintangan yang saya sendiri kurang yakin atas kebenarannya, ya, memang, saya bukan orang yang bisa dihibur. Cuma saya yang menghibur diri saya sendiri, dengan perhitungan-perhitungan logika yang kadang-kadang tidak dimengerti orang lain. Saya orang yang tidak bisa dihibur dengan kata-kata sejenis, “Tenang, semua masalah pasti ada jalan penyelesaiannya”. Atau penghiburan sejenis itu.

Dalam benak saya adalah: “Ya, memang benar bahwa setiap masalah ada penyelesaiannya. Kalau tidak ada penyelesaian, ya, berarti itu bukan masalah. Jangan nasehati saya jika maksud anda hanya ingin mengatakan itu. Saya sudah tahu itu. Lebih jauh, setiap masalah tertentu membutuhkan penyelesaian yang tertentu pula. Setiap masalah adalah unik, maka penyelesaiannya unik juga. Yang saya butuh BUKAN mengetahui bahwa setiap masalah ada penyelesaiannya. Apalagi jika itu hanya berniat menghibur saja. Itu sudah terlalu jelas.

Tanpa perlu jadi seorang Scorpio, kita semua sudah mengetahui. Yang perlu saya ketahui adalah: Itu masalah apa? Seperti apa susunannya? Komponennya? Bagaimana saya harus memandangnya? Apa saja alternatif yang saya punya? Seperti apa perhitungan resikonya? Sekali lagi, jangan mencoba menghibur saya dengan cara seperti memberikan permen lolly ke bocah yang sedang menangis. Manisnya permen lolly tidak akan berhasil membuat saya terhibur karena saya tahu bahwa permen lolly tidak akan pernah bisa memecahkan masalah”.

Penghiburan buat saya sesederhana: mengetahui konstelasi masalah yang terjadi. Tidak perlu sampai melihat solusi. Bisa melihat duduk perkaranya saja, untuk saya sudah merupakan sebuah penghiburan. Dan biasanya, solusinya muncul segera setelah duduk permasalahan berhasil diketahui. Sekali lagi, entahlah jika ini berhubungan dengan astrologi. Masalah untuk Scorpio adalah tidak mengetahui apa masalah yang sebenarnya terjadi. Scorpio adalah orang yang empiris, sangat butuh bukti yang terukur. Tidak mengetahui inti permasalahan, untuk saya (mungkin juga seluruh scorpion) adalah lebih masalah daripada masalahnya sendiri. Dan saya merasakan hal itu. Bisa menjelaskan ujung pangkal sebuah masalah untuk saya adalah 75% dari proses penyelesaian masalah. 25% lainnya, cuma teknis belaka.

Kata-kata indah seperti “When there’s a will, there’s a way“, untuk saya, ya, ibarat permen lolly itu tadi. Dan untuk kasus seperti ini saya tidak butuh permen lolly…

Kenyataan. Itulah hiburan untuk saya. Karena hanya dengan mengetahui apa yang nyata dan sebenarnya terjadi, maka saya (dan saya yakin kita semua) bisa menemukan solusinya. Maka, saya sangat benci jika ada orang yang mencoba-coba menyelesaikan masalah yang mereka sendiri tidak tahu duduk perkara yang sebenarnya. Menebak-nebak masalah hanya akan mendapatkan solusi yang tebak-tebakan juga. Saya suka memecahkan misteri tapi saya tidak suka main tebak-tebakan. Misteri hanya bisa dipecahkan dengan data dan fakta, bukan asal tebak. Itu keyakinan saya.

Mencoba-coba menyelesaikan masalah tanpa tahu duduk permasalahannya, dengan sukses akan memecahkan masalah yang bukan masalahnya. Yang kemudian akan membuat kita berputar-putar tak tentu arah. Berputar-putar dari satu masalah ke masalah lainnya tanpa pernah menyelesaikan masalah yang sebenarnya. Syukur-syukur jika selama proses berputar-putar itu tidak muncul masalah baru. Karena seringkali itulah yang terjadi, masalah jadi berlipat ganda.

Dan saya lebih pusing lagi pada orang yang bahkan tidak mau duduk sebentar untuk menelaah masalah dan tiba-tiba saja sudah sibuk melakukan ini-itu yang ternyata hanya sekumpulan printilan! Bahkan ia tidak tahu ada masalah lain yang lebih berbahaya di baliknya! (Saya tidak bisa membayangkan jika orang seperti ini jadi pejabat tinggi, di pemerintahan misalnya).

Saya masih manusia yang perlu banyak belajar. Ilmu dan pengetahuan saya masih sangat dangkal. Jadi, saya butuh banyak bantuan. Dan…

Bimbing saya melihat permasalahan secara lebih jernih. Bantu saya mempelajari situasi secara tepat dan proporsional. Tidak ada yang terlalu sulit jika sesuatu sudah cukup terang dan jelas. Kata-kata indah dan manis sering menyesatkan sehingga tidak perlu masuk perhitungan.

Saya Scorpio dan, saya tidak tahu apakah ada hubungannya atau tidak jika, saya lebih suka memegang ular tepat di kepala, menatap matanya tajam-tajam, sebelum memutuskan apakah saya akan benar-benar membunuhnya atau hanya membiarkannya pergi.

Adakah yang sama seperti saya?

Jakarta, 21/9/12
http://www.wisnusumarwan.wordpress.com
@wisnusumarwan

*gambar saya ambil dari: http://www.factzoo.com/sites/all/img/invertebrates/arachnid/yellow-isreali-scorpion.jpg.

*Gambar tersebut adalah Leiurus quinquestriatus (umumnya disebut Palestine Yellow Scorpion, Omdurman Scorpion atau Israeli Desert Scorpion; terkenal juga dengan sebutan Deadstalker). Spesies Kalajengking ini adalah salah satu hewan paling mematikan di muka bumi dan jenis kalajengking paling beracun. Bisanya sanggup membunuh manusia. Uniknya adalah, ternyata dari hasil penelitian, racun Deadstalker berpotensi untuk menyembuhkan tumor otak, diabetes dan dapat digunakan dalam terapi gen.*

*Ah, semoga bete saya cepat berakhir dan tidak sering kambuh lagi. Rasanya tidak enak. Bener!*

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 9 other followers

  • Today’s Quote

    When you dance, your purpose is not to get to a certain place on the floor. It’s to enjoy each step along the way (Wayne Dyer)

  • Categories

  • Soundless Voices by Wisnu Sumarwan

    Inilah blog saya yang sederhana. Lewat blog ini saya hanya mencoba untuk menyampaikan apa yang saya pikirkan. Tentu saja saya hanya manusia biasa yang memungkinkan banyak terjadi kesalahan. Saya mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Welcome to the journey of soundless voices. Thank you...