Bisnis Kecilku Sekarang

image

Nggak berasa… Sudah lebih dari setahun saya dan teman2 menjalankan bisnis kami. Sebuah bisnis kecil yang kami namakan Rumah Sushi. Sebuah tempat makan sushi yang cuma berawal dari sebuah meja di suatu tempat yang bahkan tidak terlihat.

Meski belum bisa dikatakan sukses, tapi banyak hal yang telah kami lewati. Banyak perubahan yang telah terjadi. Semua terjadi setiap hari. Ada yang selalu berubah setiap hari. Hal-hal yang saya tidak pernah sangka akan terjadi, ternyata terjadi. Hal yang saya sangka akan terjadi ternyata malah tidak terjadi. Ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan. Namun, banyak juga yang ternyata jauh melebihi apa yang bisa kami harapkan. Baik atau buruk, pahit atau manis di satu titik ternyata tidak ada bedanya. Keduanya mengubah hidup saya. Dan tentunya, hidup sahabat-sahabat saya.

I’m not trying to be melancholy. Tapi, ketika kita berhenti dan diam, memandang sepotong  kejadian di masa lalu memang menerbitkan perasaan sentimentil. Yah, saya lebih suka mengatakannya sebagai retrospeksi dan introspeksi saja. Lupakan melankolinya.

Ini baru satu tahun lebih. Tapi, dengan banyaknya perubahan yang terjadi, waktu rasanya termampatkan. Waktu seperti berhenti sesaat sehingga banyak kejadian yang bisa terjadi dalam waktu yang sedikit ini.

Hal yang dulu kami mulai begitu saja, bahkan tanpa pemikiran rumit apapun, akhirnya menjadi hal yang sangat serius. Dulu, saat semuanya begitu terbatas, keputusan begitu mudah diambil. Sekarang, saat keadaan telah jauh lebih baik, mengambil keputusan justru jadi selalu menjadi hal yang tidak mudah (jika saya tidak boleh mengatakan sulit). Selalu butuh data, tabel, tren, fakta dan atau apapun yang bisa kami jadikan dasar pengambilan keputusan. Ya, keadaan menjadi jauh lebih rumit. Jauh lebih serius.

Saya tidak akan mengatakan bahwa ini berat. Saya percaya ini terjadi secara natural. Saat kapasitas kita membesar, masalah ikut membesar bersamanya. Ini hal yang tidak perlu kita pikirkan. Karena ada pertanyaan yang jauh lebih penting. Jauh lebih sulit untuk dijawab. Pertanyaan sederhana: Are we gonna lose the fun?

Apakah kita akan selalu kehilangan kesenangan dari hal-hal yang dulu kita mulai dengan tawa? Look at me now! Then, I’m looking at myself.

Saya tidak bisa lagi impulsif, memutuskan sesuatu begitu saja seakan tidak ada resiko dari keputusan yang diambil. Hal yang dulu bisa saya putuskan dalam 1-2 menit, saat ini selalu butuh analisa yang panjang. Selalu butuh mengerutkan dahi melihat begitu banyak data-data yang harus dipertimbangkan sebelum bisa mengatakan, “OK, keputusan ini layak diambil”.

Sederhana, kini bukan cuma saya dan sahabat-sahabat saya itu yang akan menanggung resikonya. Tapi, juga puluhan karyawan yang menggantungkan hidup mereka pada bisnis kecil kami ini. Mereka yang datang membawa harapan dan mimpi-mimpi besar dan meletakkannya sesaat di bahu kami. Hal yang kini saya sadari : Saat kita mencoba meraih mimpi, di saat yang sama kita menarik orang lain untuk bermimpi. Kita bertanggung jawab atas hal itu.

Ini jauh dari apa yang saya bayangkan dulu. Tidak terbayangkan bahwa kini ada puluhan orang yang juga berdiri di atas mimpi kami ini.

Bisnis ini akan membesar, kami juga. So, things will never be easier. Things get harder and harder each day. Cause we grow!

***

Are we gonna lose the fun?

Saya bisa dengan tegas mengatakan, Tidak! Kami tidak akan kehilangan kesenangan dari apa yang kami lakukan dulu, sekarang dan juga nanti. Apalagi yang bisa mempertahankan kami untuk terus mengejar mimpi, menarik puluhan orang lagi untuk bermimpi, lalu bersama-sama mengejarnya, jika kami sendiri kehilangan kesenangannya? Kami perlu bersenang-senang. Kami perlu bersyukur karena, nyatanya, selalu ada kesenangan setiap hari… Ya, memang ada kesenangan setiap hari.

Melihat wajah-wajah karyawan yang puas saat menerima gaji adalah kesenangan. Melihat karyawan bertambah pintar setiap hari adalah kesenangan. Melihat pelanggan puas dengan apa yang kami sajikan adalah kesenangan. Melihat karyawan puas karena berhasil memuaskan pelanggan adalah kesenangan. Melihat orang-orang baru berdatangan dan menjalin mimpi bersama kami adalah kesenangan. Dan banyak sekali kesenangan yang sulit saya sebutkan semua di sini.

Kesenangan-kesenangan itu berlangsung setiap hari meski sebelumnya kesenangan2 itu muncul sebagai masalah yang membutuhkan pemecahan atau keputusan rumit. Semuanya kecil. Semuanya remeh. Tapi saya yakin, hal itu adalah rangkaian dan potongan-potongan gambar yang lebih besar. Ratusan, ribuan, jutaan atau bahkan miliaran potongan yang kelak akan membentuk sebuah lukisan. Banyak sekali hal yang bisa terjadi dalam jangka waktu yang singkat ini. Hingga waktu rasanya berjalan sangaaaaaaat lambat. Baru setahun lebih! Kami merasa bergerak cepat, tapi waktu belum banyak berubah. Kami ingin lebih cepat lagi. Tapi kami harus sabar.

Lukisan ini belum jadi, belum apa-apa. Kami belum sukses. Belum banyak pencapaian. Dan jangan sampai kami kehilangan kesenangan saat masih harus mengumpulkan sepotong demi sepotong gambar kecil yang kelak menyatu dan layak kami sebut sebagai adikarya. Ya, membutuhkan kesabaran untuk menghasilkan sebuah adikarya.

Maka saya tidak mau kehilangan kesenangan atasnya. Kesenangan merangkai warna-warna dan goresan-goresan di atas sebuah kanvas kehidupan. Kanvas yang dulu kosong, kini mulai memperlihatkan gambarnya. Tidak ada masalah jika gambar itu belum terlalu jelas sekarang. This is just a matter of time. Bersyukur pada setiap goresan. Itu intinya.

Kami memulai melukis dengan cinta dan kesenangan, maka kami akan menyelesaikannya dengan cinta dan kesenangan. Kelak, kami akan diam dan tersenyum di depan sebuah dinding memandangi sebuah lukisan yang berjudul “This Is Truly Fun, Dear”.

Amin.

Kelapa Gading, 20 Februari 2012
http://www.wisnusumarwan.wordpress.com
@wisnusumarwan

gambar diambil dari: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/04/Oil_painting_palette.jpg/220px-Oil_painting_palette.jpg

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 9 other followers

  • Today’s Quote

    When you dance, your purpose is not to get to a certain place on the floor. It’s to enjoy each step along the way (Wayne Dyer)

  • Categories

  • Soundless Voices by Wisnu Sumarwan

    Inilah blog saya yang sederhana. Lewat blog ini saya hanya mencoba untuk menyampaikan apa yang saya pikirkan. Tentu saja saya hanya manusia biasa yang memungkinkan banyak terjadi kesalahan. Saya mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Welcome to the journey of soundless voices. Thank you...