Siapa?

Siapa lagi yang akan berteriak tentang makna saat nyawa telah tersangkut di tenggorokan dan darah melipir di ujung urat nadi? Napas memompa satu-satu dari pojokan paru-paru. Yang kembali dari vena takkan lagi lewat aorta.

Siapa pula yang sempat berkhotbah tentang nilai dan moral saat hidup mengilat sebagai hal yang akan lewat? Detak jantung bisa dihitung mundur dan akan terus mengendur. Melemah hingga takkan terjamah.

Siapa yang masih bisa tertawa saat dunia cuma bisa ditangisi karena mayat hanya bisa diratapi oleh hati tersayat? Meninggalkan yang tersisa sebagai harta yang tak berarti apa-apa. Yang sirna jadi abu dari puncak himalaya.

Siapa yang sanggup menyesali waktu yang hilang bagai kabut? Tak bisa lagi menyahut karena hati tak pernah punya mulut. Berbicara tanpa bahasa dan bercerita tanpa kata-kata.

Siapa yang mau berkata bahwa ia bisa melawan maut dengan berjuta teori dan dogma-dogma penipu? Sebentar lagi terungkap yang palsu dan tertunjukkan yang sejati. Rahasia di balik mati untuk yang cukup punya hati.

Siapa yang masih sudi menghujani nasehat saat wejangan takkan lagi berguna? Doa-doa suci cuma jadi retorika. Perut tersumbat dosa karena terlupa. Tobat hanya jadi barang basi yang terulang berkali-kali.

Siapa yang rela berdebat tentang ada atau tiada saat berdiri di batasnya? Takbisa menyeberang karena terjebak di antaranya. Suram di batas gelap terang dan jadi bayangan karam.

Siapa yang tergerak berdiri dan berbuat sekarang? Saat tulisan masih terbaca di sisa terang.

Siapa?

Jakarta, Februari 2010

http://www.wisnusumarwan.wordpress.com

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 9 other followers

  • Today’s Quote

    When you dance, your purpose is not to get to a certain place on the floor. It’s to enjoy each step along the way (Wayne Dyer)

  • Categories

  • Soundless Voices by Wisnu Sumarwan

    Inilah blog saya yang sederhana. Lewat blog ini saya hanya mencoba untuk menyampaikan apa yang saya pikirkan. Tentu saja saya hanya manusia biasa yang memungkinkan banyak terjadi kesalahan. Saya mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Welcome to the journey of soundless voices. Thank you...