Secret Behind A Name

Saya adalah…

Saya sering bingung jika ditanya tentang siapa saya… Apakah penanya hanya ingin mengetahui nama saya, atau ingin tahu “siapa” saya? Orang tua memberi saya nama “Wisnu”. Nama yang sarat dengan nilai-nilai mitologis. Saya bersyukur atas nama itu. Nama yang membuat teman-teman bisa memanggil dan membuat saya bisa mengisi kolom “nama” saat memperpanjang KTP.

Namun, jika nama saya bukan “wisnu”, adakah esensi dari diri saya yang berubah?

Secara esensial memang tidak ada yang berubah. Namun, ada sebagian dari diri saya tertulis di nama itu. Atau sebaliknya, ada nama itu yang tertulis di sebagian diri saya. Nama itu adalah bagian dari sebuah proses yang akhirnya membawa saya pada titik dimana saya berdiri saat ini. Seperti nama-nama lain yang telah membawa setiap orang pada keberadaan mereka. Nama yang telah ditempelkan makna-makna oleh dunia. Makna-makna yang melingkupi dan meresap ke dalam diri saya. Makna-makna yang membuat saya bisa melihat dunia di sekitar saya dan esensi di dalam diri saya.

Maka nama itu mungkin tidak terlahir bersama saya. Nama itu bukan saya. Tapi ia adalah jalan bagi saya.

1 Comment

  1. apalagi saya….mangkin binun….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

  • Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 9 other followers

  • Today’s Quote

    When you dance, your purpose is not to get to a certain place on the floor. It’s to enjoy each step along the way (Wayne Dyer)

  • Categories

  • Soundless Voices by Wisnu Sumarwan

    Inilah blog saya yang sederhana. Lewat blog ini saya hanya mencoba untuk menyampaikan apa yang saya pikirkan. Tentu saja saya hanya manusia biasa yang memungkinkan banyak terjadi kesalahan. Saya mohon maaf jika ada yang tidak berkenan. Welcome to the journey of soundless voices. Thank you...